Tuesday, October 18, 2011

Kurikulum dan Pembelajaran


KONSEP DAN DEFINISI PEMBELAJARAN
A.     Pendahuluan
Bab ini membahas konsep atau definisi pembelajaran sebagai bagian yang tak terpisahkan dari kurikulum dan pembelajaran setelah mempelajari bab ini kita diharapkan dapat memeahami konsep dan proses pembelajaran, yang secara khusus dapat dirinci dalam bentuk – bentuk perilaku sebagai berikut :
1.      Menjelaskan pengertian pembelajaran,
2.      Menjelaskan tujuan pembelajaran,
3.      Mengidentifikasi cirri – ciri pembelajaran,
4.      Mengkaji dimensi pembelajaran,
5.      Mengidentifikasi factor – factor yang mempengaruhi belajar,
6.      Mengkaji inflikasi dimensi belajar terhadap proses pembelajaran.
Untuk memberi kemudahan pencapaian tujuan tersebut selanjutnya akan disajikan pembahasan materi menyangkut ;
1. Pengertian, tujuan dan cirri pembelajaran,
2. Unsur – unsur dinamis dalam pembelajaran.
B.  Pengertian Tujuan dan Ciri – Ciri Pembelajaran
Padanan istilah belajar dan pembelajaran yang adalah Learning dan Insturction. Istilah  Learning menurut ( Fontanan, 1981 ) berate proses perubahan yang relatife tetap dalam perilaku individu sebagai hasil pengalaman. Definisi terfokus pada 3 hal yaitu :
1.      Bahwa belajar harus memungkinkan dterjadinya perilaku perubahan individu
2.      Bahwa perubahan itu harus merupakan buah dari pengalaman
3.      Bahwa perubahan itu terjadi pada perilaku individu yang mungkin
Di lain pihak istilah Instruction ( Fomiszowski, 1981 ) merujuk pada proses pembelajarn berpusat pada tujuan atau gold directed teaching process yang dalam banyak hal dapat direncanakan sebelumnya  ( pre – planned ). Oleh sebab itu istilah Instruction sering diartikan sebagai proses pembelajaran yakni membuat orang melakukan proses belajar sesuai dengan rancangan.
Proses pembelajaran dapat dikaji dari 2 pendekatan psikologi yakni pendekatan connectionist or behaviorist di satu pihak dan pendekatan cognitive or cognitive field di lain pihak. Pendekatan pertama : proses pembelajaran sebagi proses terjadinya hubungan antara stimulus atau rangsangan dengan respon atau jawaban, atau antara respon dengan penguatan. Pendekatan kedua proses pembelajaran tidak semata – semat hasil hubungan stimulus dan respon tetpi juga merupakan hasil dari kemampuan mental individu dalam melakukan fungsi – fungsi psikologis seperti konsep dan ingatan atau dengan kata lain : pendekatan pertama, menekankan pada diluar diri individu sedangkan pendekatan kedua, menitik beratkan pada potensi diri individu.
Gagne berpendapat bahwa belajar memang dipengaruhi oleh dua hal yakni variable dalam diri individu dan diluar diri individu yang saling berinteraksi. Nampaknya pandanagan ini bersipat eklektis ( perpaduan ) dari esensi pandanag behaviorisme dan konseptualisme instrumrntal. Dengan pandangan eklektisnya itu Gagne merinci proses belajar menjadi 8 jenis belajar yakni :
1.      Signal Learning , atau belajar isyarat
Belajar melalui isyarat adalah melakukan atau tidak melakukan sesuatu dengan memahami tanda atau isyarat.
2.      Stimulus - Response Learning, atau belajar stimulus respon
Belajar Stimulus atau respon terjadi pada diri individu karena ada rangsangan dari luar.
3.      Chaining Learning, atau belajar rangkaian
Belajar rangkaian terjadi melalaui perpaduan berbagai proses stimulus respon (S - R) yang telah dipelajari sebelumnya sehingga melahirkan perilaku yang segera atau spontan.
4.      Verbal Association Learning, atau belajar asosiasi verbal
Belajar asosiasi verbal terjadi bila individu telah mengetahui sebutan bentuk ia dapa menangkap makna yang bersipat verbal
5.      Discrimination Learnin, atau belajar membedakan
Belajar diskriminasi terjadi bila individu berhadapan dengan benda suasana, atau pengalaman yang luas dan ia mencoba membeda – bedakan yang jumlahnya banyak itu.
6.      Concept Learnin, atau belajar konsep
Belajar konsep terjadi bila individu berhadapan berbagai fakta atau data yang kemudian ditafsirkan kedalam suatu pengertian atau makna yang abstrak.
7.      Rule Learning, belajar hukum atau aturan
Belajar aturan hukum terjadi bila individu menggunakan beberapa rangkaina pristiwa atau perangkat data yang terdahulu atau diberikan sebelumnya dan menerapkannya atau menarik kesimpulan menjadi suatu aturan.
8.      Problem Solving Learning, atau belajar memecahkan masalah
Belajar memecah masalah terjadi bila individu menggunakan berbagai konsep atau prinsip untuk menjawab suatu pertanyaan.
C.   Unsur – Unsur dan Fungsi Dinamis Dalam Pembelajaran
Proses belajar ditandai oleh berubahnya perilaku individu sebagai pebelajar, sedangkan pembelajaran di tandai terciptanya suasana dan lingkunagn belajar yang dirancang oleh orang lain untuk kepentingan perubahan perilaku pebelajar. Melihat berbagai teori pembelajaran yang berkembang saat ini yang berkrembang saat ini Marzano, Pickering dan McTiger (1993) merumuskan peristiwa belajar sebagai proses yang erat kaitanya denagn proses berpikir. Proses belajar menurut ketiga ahli tersebut memiliki lima dimensi.
Dimensi Pertama : sikap dan persepsi mengenai belajar. Sikap dan persepsi positive sangatlah penting dalam belajar karena tanpa itu seseorang tidak dapat belajar dengan berhasil. Dengan lain perkataan bila seseorang ingin berhasil dalam belajar ia harus memiliki sikap dan persepsi yang positive, seperti merasa senang :
1.      Berada di dalam ruangan
2.      Terhadap mata pelajaran yang dihadapinya
3.      Terhadap cara guru dalam mengajar
4.      Terhadap sumber belajar yang digunakan
Dimensi Kedua : Memperoleh dan Mengintegrasikan pengetahuan. Perlu kiat ingat bahwa proses belajar bagi individu bukanlah proses yang sekali jadi tetapi merupakan proses yang berlangsung tahap demi tahap, sedikit demi sedikit dan berlangsung sepanjang hayat. Artinya didalam belajar seseorang melakukan peristiwa belajar yang tidak pernah putus karena memang pengetahuan yang dimilki seseorang bersifat akumulatif yakni merupakan perpaduan antara pengetahuan lama dan pengetahuan brau serta pengetahuan yang lebih baru lagu yang diperoleh individu.
Dimensi Ketiga : Memperluas dan memperbaiki pengetahuan. Dimensi belajar ketiga merupakan kelanjutan dari dimensi kedua. Pengetahuan lama dan baru yang terintegrasi dalam diri pebelajar perlu disesuaikan, dimantapkan, dan ditumbuh – kembangkan. Untuk melakukan semua itu terdapat sejumlah kegiatan yang harus dilakukan yakni : membandingkan, mengelompokan, melakukan induksi, menarik deduksi, menganalisis kesalahan atau kekeliruan, menciptakan dan menganalisis pengetahuan pendukung, membuat dan menganalisis perkiraan kedepan, dan melakukan proses abstraksi.
Dimensi Keempat : Menggunakan pengetahuan secara bermakna. Menurut para ahli, proses belajar yang efektip ditandai oleh tampilnya individu yang dapat menggunakan pengetahuanya untuk melakukan pekerjaanya dengan berhasil. Misalnya seseorang yang belajar computer harus dapat menunjukan bahwa ia mampu menggunakan pengetahuan dan keterampilanya itu untuk melaksanakan tugasnya sehari-hari misalnya melakukan penulisan data dengan mengunakan computer, melakukan perhitungan statiska, dan pekerjaan lain yang mengunakan computer.
Dimensi Kelima : Kebiasaan berpikir produktif . Dimensi ini merupakan muara dari proses dan hasil belajar karena itu dinilai sangatlah penting. Kebiasaan yang produktif adalah kebiasaan individu dalam menghadapi berbagai persoaalan secara kritis, kreatif, teratur, dan berdisiplin sehingga berhasil melakukan suatu tindakan yang bermakna. Seorang individu mempunyai kebiasaan berfikir produktif antara lain memiliki ciri – ciri sebagai berikut :
1.      Menyadari jalan pikirannya
2.      Berpikir jernih, terbuka dan lapang dada
3.      Menghidarkan diri dari sifat egois dan emosional sekaligus mencari kejernihan permasalahan
4.      Selalau berupaya efektif dalam setiap tindakannya
5.      Berupaya memperluas dan memperdalam pengetahuannya
D.    Asas dan Prinsip Pembelajaran.
Berikut ini adalah asas dan prinsip pembelajaran yang di Intisarikan Rothwall (1961):
1.      Prinsip Kesiapan ( Readiness )
2.      Prinsip  Motivasi ( Motivation )
3.      Prinsip Persepsi ( Perception )
4.      Prinsip Tujuan ( Goal )
5.      Prinsip Perbedaan Individu
6.      Prinsip Transfer dan Retensi
7.      Prinsip Belajar Kognitif
8.      Prinsip Belajar Efektif
9.      Prinsip Belajar Psikomotor
10.  Prinsip Evaluasi
E.     Penerapan Asas dan Prinsip Pembelajaran
“ Proses Pembelajaran ” harus memungkinkan terjadinya “ proses belajar ” yang memang harus memungkinkan perolehan “ Hasil Belajar ” yang baik. Dengan kata lain makin kecil penyimpangan hasil belajar dan proses belajar, maka proses pembelajaran itu semakin berhasil. Sebaliknya makin jauh hasil belajar dan proses belajar dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran semakin tidak berhasil.
Sebagai bagian akhir mari kita simak rangkuman di bawah ini :
1.      Proses pembelajaran tidak dapat dipisahkan dari proses dan hasil belajar. Proses pembelajaran harus dengan sengaja di organisasikan secara benar dan baik agar dapat menumbuhkan proses belajar yang baik yang pada giliarnya dapat mencapai belajar yang optimal oleh karena itu jenis – jenis proses belajar dan hasil belajar seyogyanya menjadi pusat perhatian metode pembelajaran.
2.      Setiap jenis belajar mulai dari belajar isyart sampai belajar pemecahan masalah memiliki karakteristik proses mental dan interaksi yang khas atau spesifik, oleh karena itu rancangan proses pembelajaran menuntut wawasan jenis belajar dan hasil belajar yang sesuai.
3.      Proses pembelajaran merupakan upaya sistematis yang disengaja dirancang untuk menumbuhkan proses belajar dalam diri individu. Proses belajr dilain pihak merupakan suatu aktifitas mental emosional, fisik dan social yang tumbuh dalam bentuk interaksi individu dan lingkungannya sehingga melahirkan kualitas perilaku individu misalnya lebih banyak tahu, lebih terampil, lebih akrab serta lebih pekak terhadap lingkungannya.

No comments:

Post a Comment