Tuesday, November 8, 2011

Laporan Agrobisnis Manajemen Agrobisnis


MANAJEMAN
Pengertian Manajemen
Menurut Harold dan O’Donnel. Manajemen adalah berhubungan dengan pencapaian suatu tujuan yang dilakukan melalui dan dengan orang lain.

Menurut George R Terry. Manajement adalah suatu proses yang membedakan atas perencanaan, pengorganisasian, penggerakan pelaksanaan dan pengawasan dengan memanfaatkan baik ilmu maupun seni agar dapat menyelesaikan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Menurut A.F Stoner. Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan semua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.

Tujuan Manajemen Agrobisnis
1.       Tujuan Organisasional
Ditujukkan untuk dapat mengenali keberadaan manajemen agrobisnis dalam memberikan kontribusi pada pencapaian efektifitas organisasi.
2.      
TT       Tujuan Fungsional
Ditujukkan untuk mempertahankan kontribusi departemen pada tingkat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi.
3.      
           Tujuan Sosial
Ditujukkan untuk secara etis dan social merespon terhadap kebutuhan-kebutuhan dan tantangan-tantangan masyarakat melalui tindakan meminimalisasi dampak negative terhadap organisasi.
4.     
           Tujuan Personal
Ditujukkan untuk membantu karyawan dalam pencapaian tujuannnya minimal tujuan-tujuan yang dapat mempertinggi kontribusi individual terhadap organisasi.

Fungsi-Fungsi Management
1.       Fungsi Perencanaan / Planning
Fungsi perencanaan adalah suatu kegiatan membuat tujuan perusahaan dan diikuti dengan membuat berbagai rencana untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan tersebut.
2.   
           Fungsi pengorganisasian / Organizing
Fungsi pengorganisasian adalah suatu kegiatan pengaturan pada sumber daya manusia dan sumber daya fisik lain yang dimiliki perusahaan untuk menjalankan rencana yang telah ditetapkan serta menggapai tujuan perusahaan.
3. 
          Fungsi pengarahan /directing / Leading / actuating
Fungsi pengarahan adalah suatu fungsi kepemimpinan manajer untuk meningkatkan efektivitas dan efesiensi kerja secara maksimal serta menciptakan lingkungan kerja yang sehat, dinamis, dan lain sebagainya.
4
  .       Fungsi pengendalian / Controling
Fungsi pengendalian adalah suatu aktivitas menilai kerja berdasarkan standar yang telah dibuat perubahan atau perbaikan  jika diperlukan.

Unsur – unsur manajemen
1.       Men (SDM)
Manusia yang membuat tujuan dan manusia pula yang melakukan proses untuk mencapai tujuan.
2.        
       Money ( Uang )
 Besar kecilnya hasil kegiatan dapat diukur dari jumlah uang yang beredar dalam perusahaan.
3.        
      Materials ( Bahan )
Materi terdiri dari bahan setengah jadi ( raw material ) dan bahan jadi .
Dalam dunia usaha untuk mencapai hasil yang lebih baik, selain manusia yang ahli dalam bidangnya juga harus dapat menggunakan bahan / materi – materi sebagai salah satu sarana
4.       
            Machines (mesin)
Penggunaan mesin akan membawa kemudahan atau menghasilkan keuntungan yang lebih besar serta menciptakan efesiensi kerja.
5.      
           Methods ( Metode )
Sebuah metode dapat dinyatakan sebagai penetapan cara pelaksaaan cara pelaksanaan kerja suatu tugas dengan memberikan bnerbagai pertimbangan – pertimbangan kepada sasaran, fasilitas-fasilitas yan tersedia dan penggunaan waktu, serta uang dan kegiatan usaha.
6.     
          Market ( Pasar )
Memasarkan produk sudah barang tentu sangat penting sebab bila barang yang diproduksi tidak laku, maka prosesproduksi barang akan terhenti. Artinya, proses kerja tidak akan berlangsung.

No comments:

Post a Comment