Wednesday, November 9, 2011

Makalah Media Pendidikan


Media Pendidikan Biologi
Pengertian Media
     Kata media berasal dari bahasa latin “medius”  artinya ‘tengah’, ‘perantara’, atau ‘pengantar’.
     Gerlach&Ely mengatakan bahwa media apabila dipahami secara garis besar adalah manusia, materi, atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan, atau sikap.
     Menurut Fleming (1987:234)
                Media/mediator adalah penyebab atau alat yang turut campur tangan dalam dua pihak dan mendamaikannya.
                Dua pihak : siswa & isi pelajaran.
     Media : alat yang menyampaikan / menghantarkan pesan-pesan pembelajaran.
     Istilah “media” sering dikaitkan atau digantikan dengan kata “teknologi” (tekne /art & logos)
     Menurut Webster (1983:105), tekne/art adalah keterampilan (skill) yang diperoleh lewat pengalaman, studi dan observasi. Dengan demikian, teknologi merupakan ilmu yang membahas tentang keterampilan yang diperoleh lewat pengalaman, studi, dan observasi.
Ciri – cirri umum media
  1. Media pendidikan memiliki pengertian fisik yang dewasa ini dikenal sebagai hardware (perangkat keras), yaitu suatu benda yang dapat dilihat, didengar, atau diraba dengan pancaindera.
  2. Media pendidikan memiliki pengertian nonfisik yang dikenal sebagai software (perangkat lunak), yaitu kandungan pesan yang terdapat dalam perangkat keras yang merupakan isi yang ingin disampaikan kepada siswa.
  3. Media pendidikan memiliki pengertian alat bantu pada proses belajar baik di dalam maupun di luar kelas.
  4. Media pendidikan digunakan dalam rangka komunikasi dan interaksi guru dan siswa dalam proses pembelajaran
  5. Guru sebagai sumber pesan biasanya menuangkan pesan ke dalam simbol-simbol tertentu (encoding) dan siswa sebagai penerima menafsirkan simbol-simbol tersebut sehingga dipahami sebagai pesan (decoding).
Ciri – cirri media pendidikan
  Ciri Fiksatif (Fixative Property)
                menggambarkan kemampuan media merekam, menyimpan, melestarikan, dan merekonstruksi suatu peristiwa/objek.
                ex: fotografi, kamera, video tape, disket komputer, dan film.
  Ciri Manipulatif (Manipulative Property)
                manipulasi kejadian/objek dengan jalan mengedit hasil rekaman.
                ex: proses penanaman dan panen gandum, pengolahan gandum menjadi tepung, dan penggunaan tepung untuk membuat roti dapat dipersingkat waktunya dalam suatu urutan rekaman film.
  Ciri Distributif (Distributive Property)
               
                memungkinkan suatu objek/kejadian ditransformasikan melalui ruang, dan secara bersamaan kejadian tersebut disajikan kepada sejumlah besar siswa dengan stimulus pengalaman yang relatif sama mengenai kejadian itu.
                ex: rekaman video dapat disebar ke seluruh penjuru tempat yang diinginkan kapan saja.

Fungsi Media Pendidikan
Fungsi Atensi :
Menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi pada isi pelajaran yang berkaitan dengan makna visual yang ditampilkan atau menyertai teks materi pelajaran
Fungsi Afektif
  Media visual dapat terlihat dari tingkat kenikmatan siswa ketika belajar (membaca) teks yang bergambar.
  Gambar atau visual dapat menggugah emosi dan sikap siswa, misalnya informasi mengenai masalah sosial atau ras.
Fungsi Kognitif
Media visual terlihat dari temuan-temuan penelitian yang mengungkapkan bahwa lambang visual/gambar memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi atau pesan yang terkandung dalam gambar
Fungsi Kompensatoris
  Media pembelajaran terlihat dari hasil penelitian bahwa media visual yang memberikan konteks untuk memahami teks membantu siswa yang lemah dalam membaca untuk mengorganisasikan informasi dalam teks dan mengingatnya kembali.
  Dengan kata lain, media pembelajaran berfungsi untuk mengakomodasikan siswa yang lemah dan lambat menerima dan memahami isi pelajaran yang disajikan dengan teks atau secara verbal.

Manfaat Media Pendidikan
  Dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat memperlancar dan meningkatkan proses dan hasil belajar
  Dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian anak sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar, interaksi yang lebih langsung antara siswa dan lingkungannya, dan kemungkinan siswa untuk belajar sendiri-sendiri sesuai dengan kemampuan dan minatnya.
  Media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan indera, ruang, dan waktu. Contoh :
                objek atau benda yang terlalu besar untuk ditampilkan langsung di ruang kelas dapat diganti dengan gambar, foto, slide, film, radio atau model.
  Dapat memberikan kesamaan pengalaman kepada siswa tentang peristiwa-peristiwa di lingkungan mereka, serta memungkinkan interaksi langsun dengan lingkungan, contohnya melalui karyawisata dan kunjungan ke kebun binatang.

No comments:

Post a Comment